1.Contoh Diagram UML Perpustakaan
USE CASE DIAGRAMDiagram Use Case adalah diagram yang menunjukkanfungsionalitas suatu sistem atau kelas dan bagaimana sistem tersebut berinteraksi dengan dunia luar dan menjelaskan sistem secara fungsional yang terlihat user. Biasanya dibuat pada awal pengembangan. Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Use case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misalnya login ke sistem, meng-create sebuah daftar belanja, dan sebagainya. Seorang/sebuah aktor adalah sebuah entitas manusia atau mesin yang berinteraksi dengan system untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.Use case diagram dapat sangat membantu bila kita sedang menyusun requirement sebuah sistem, mengkomunikasikan rancangan dengan klien, dan merancang test case untuk semua feature yang ada pada sistem.Pada contoh perpustakaan Seorang siswa untuk meminjam buku anggota harus mendaftar terlebih dahulu kepada petugas setelah mendaftar mahasiswa tersebut boleh membaca buku. Jika sudah menjadi anggota, siswa tersebut boleh meminjam buku kepada petugas perpustakaan dan mengembalikannya sesuai dengan ketentuan tersebut apabila anggota tersebut telat mengembalikan buku maka anggota dikenakan denda dan membayar denda tersebut kepada petugas.ACTIVITY DIAGRAMDefinisi activity diagram yaitu teknik untuk mendiskrpsikan logika procedural, proses bisnis dan aliran kerja dalam banyak kasus kerja personal (workflow) dan alur data (flowchart).Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi.
Pada Digram diatas yaitu transaksi peminjaman buku
- Sipeminjam memberikan data buku yang akan dipinjam
- Petugas menampilkan form peminjaman dan mencatat data buku yang akan di pinjam
- Petugas menghitung biaya sewa
- Peminjam membayar sewa buku
- Petugas mencatat ID anggota
- Petugas memberikan buku dan kartu pinjam anggota
SQUENCE DIAGRAMSequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu. Obyek-obyek tersebut kemudian diurutkan dari kiri ke kanan, aktor yang menginisiasi interaksi biasanya ditaruh di paling kiri dari diagram.Pada diagram ini, dimensi vertikal merepresentasikan waktu. Bagian paling atas dari diagram menjadi titik awal dan waktu berjalan ke bawah sampai dengan bagian dasar dari diagram. Garis Vertical, disebutlifeline, dilekatkan pada setiap obyek atau aktor. Kemudian lifeline tersebut digambarkan menjadi kotak ketika obyek melakukan suatu operasi , kotak tersebut disebut activation. Obyek dikatakan mempunyai live activation pada saat tersebut.Boundary Class: Class yang berinteraksi dengan aktor langsung (user interface) Form, input, UI ini masuk di siniControl Class:Class yang berhubungan dengan pemrosesan, penghitungan, kalkulasi,komputasi, query, dstEntity Class:Class yang berhubungan dengan data, penyimpanan data/fileCLASS DIAGRAMClass adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek danmerupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkankeadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasikeadaan tersebut (metoda/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment , pewarisan, asosiasi,dan lain-lain.Class memiliki tiga area pokok :1. Nama (dan stereotype) 2. Atribut 3. Metoda Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut : Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya Public, dapat dipanggil oleh siapa saja Class dapat merupakan implementasi dari sebuah interface, yaitu class abstrak yanghanya memiliki metoda.Interface tidak dapat langsung diinstansiasikan, tetapi harusdiimplementasikan dahulu menjadi sebuah class. Dengan demikian interface mendukung resolusimetoda pada saat run-time. Sesuai dengan perkembangan class model, class dapatdikelompokkan menjadi package. Kita juga dapat membuat diagram yang terdiri atas package.Contoh Class Diagram
DEPLOYMENT DIAGRAMDeployment Diagram adalah diagram yang menggambarkan detail bagaimana komponen di-sebar (di-deploy) kedalam infrastruktur sistem, dimana komponen akan terletak (pada mesin, node, server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal.Contoh Program :
PACKAGE DIAGRAMBagi yang pernah belajar jaringan komputer tentu tidak asing dengan istilah package. Package yang dalam bahasa Indonesianya berarti paket dalam dunia networking dimanfaatkan dalam komunikasi datanya dimana data tidak dikirimkan langsung dalam bentuk binernya melainkan dikelompokkan terlebih dahulu dalam paket-paket. Package diagram merupakan salah satu dari delapan/sembilan diagram UML. Atau saat kita download salah satu installer linux, yang kita download berupa package-package. Dalam literatur pemrograman dengan visual basic, saat akan mendeploy software yang baru kita buat kita diminta untuk mengambil package-package yang dibutuhkan. Sedangkan dalam bahasa Java dan C++, package selalu diimport saat kita menuliskan code programnya.Package merupakan kumpulan dari class. Penggambaran diagram Package mirip dengan simbol folder dalam Microsoft Windows. Kita ambil kasus pada sistem penjualan dan pembelian, maka kita dapat membuat dua package yaitu package penjualan dan package pembelian. Di dalam package penjualan kita bisa menggambarkan use case penjualan. Salah satu manfaat package adalah kemampuannya untuk digunakan pada component lainnya.Dalam menggunakan package sistem lain dikenal dua istilah yaitu:1. Import Package: Meminjam package lain yang bertipe public.2. Access Package: seperti import hanya saja tipe package berubah menjadi private.Import dilukiskan dengan garis putus-putus dengan panah menunjuk pada package induk (si pemilik kelas) dengan tulisan "import" dekat garis putus-putus tersebut. Sedangkan access dengan cara yang sama, hanya saja tulisan "import" diganti dengan "access".Contoh Package Diagram
USER INTERFACE/FORM DIAGRAMUser Interface Diagram disesuaikan UML diagram digunakan untuk visual mock-up user interface sistem menggunakan bentuk, kontrol dan label.
2. Contoh Class Diagram Perpustakaan
Uraian :
Class
Diagram adalah suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan
struktur dari sebuah sistem,sistem tersebut akan menampilkan system
kelas,atribut dan hubungan antara kelasketika suatu sistem telah selesai
membuat diagram. Objek diagram adalah suatu diagram yang berfungsi untuk mengatur atribut, objek dan
hubungan antara contoh dalam diagram, objek diagram juga dapat menampilkan struktur model system
dalam waktu tertentu.
hubungan antara contoh dalam diagram, objek diagram juga dapat menampilkan struktur model system
dalam waktu tertentu.
Diagram diatas merupakan diagram class untuk peminjaman buku di perpustakaan. Didalam
diagram tersebut kita memiliki beberapa object diantaranya Mahasiswa,
anggota, denda, transaksi, koleksi buku, petugas perpustakaan, koleksi
buku, koleksi buku local dan koleksi buku asing.
Object
Anggota diatas merupakan turunan dari object mahasiswa bila ingin
meminjam sebuah buku haruslah mahasiswa tersebut terdaftar menjadi
anggota yang harus memiliki atribut pendukung yaitu, id_anggota dan nama
anggota dan memiliki suatu aksi yaitu insert untuk menambahkan jumlah
anggota untuk perpustakaan tersebut dan juga di perbaharui datanya, dan
juga di delete bila ia sudah lulus dari universitas tersebut.
Petugas
perpustakaan dapat melakukan transaksi pencatatan peminjaman dan
pengembalian buku yang dilakukan oleh anggota perpustakaan tersebut.
Lalu, di dalam sebuah transaksi kemungkinan ada sebuah denda yang dapat
diberikan bila pengembalian buku melewati batas maksimum. Selain itu
juga transaksi buku juga dapat dilakukan oleh anggota untuk memilih buku
yang ada dalam perpustakaan tersebut, yang terdiri dari 2 buah koleksi
yaitu koleksi buku asing dan koleksi buku local.3. Contoh Sequence Diagram Sistem Perpustakaan
Use Case Perpustakaan
Sequence Menambah Buku
Sequence Cetak Stiker Kode Buku
Sequence Melihat Katalog
Sequence Meminjam Buku
Sequence Mengembalikan Buku

4. Contoh Aktivity Diagram Perpustakaan
Activity Diagram adalah diagram yang menggambarkan workflow (aliran
kerja) atau aktivitas dari sebuah sistem atau proses bisnis. yang perlu
diperhatikan adalah bahwa diagram aktivitas ini menggambarkan aktivitas
sistem bukan apa yang dilakukan aktor/user, jadi aktivitas yang dapat
dilakukan oleh sistem.
Komponen yang ada pada activity diagram antara lain:
1. Proses Pendaftaran anggota perpustakaan
Komponen yang ada pada activity diagram antara lain:
- Activity atau State : menunjukan aktivitas yang dilakukan.
- Initial activity atau Initial state : menunjukan awal aktivitas dimulai
- Final activity atau Final state : menunjukan bagian akhir dari aktivitas
- Decision : menggambarkan test kondisi untuk memastikan bahwa control flow atau object flow mengalir ke satu jalur, jumlah jalur sesuai yang diinginkan
- Merge : menggabungkan flow yang pecah oleh decision
- Syncrhonization : dibagi menjadi 2 yaitu Fork dan Join. Fork digunakan untuk memecah behaviour menjadi activity atau action yang paralel. sedangkan Join untuk menggabungkan kembali activity atau action yang paralel.
- Swimlanes : Memecah activity diagram menjadi baris dan kolom untuk membagi tanggung jawab obyek-obyek yang melakukan aktivitas
- Transition : menunjukan aktivitas selanjutnya setelah aktivitas sebelumnya.
1. Proses Pendaftaran anggota perpustakaan
jika pengunjung perpustakaan ingin meminjam buku maka harus menjadi anggota, yang harus dilakukan pengunjung yaitu mendaftar, kemudian pustakawan meregristrasi lalu mencetak kartu anggota, setelah itu pustakawan memberikan kartu anggota. maka pengunjung sudah menjadi anggota dan dapat meminjam buku
2. Proses Pembayaran Denda
jika anggota perpustakaan telat mengembalikan buku yang dipinjam maka anggota mendapat denda. prosesnya yaitu anggota menunjukkan kartu anggota kemudian pustakawan memvalidasi atau mengecek data, mengecek buku yang dipinjam anggota. Jika anggota meminjam buku sesuai waktu peminjaman maka proses selesai jika tidak atau telat maka anggota dikenai denda, pustakawan menentukan jumlah denda yang harus dibayar oleh anggota, pustakawan memvalidasi data setelah anggota membayar denda lalu proses selesai.
3. Proses Meminjam Buku
sebelum anggota meminjam buku diperpustakaan, anggota harus membawa kartu dan menunjukkannya kepada pustakawan. Pustakawan akan mengecek kartu, mengecek buku yang akan dipinjam jika tidak cocok maka selesai, jika cocok atau sesuai maka pustakawan memberikan buku kepada anggota untuk dipinjam lalu prosespun selesai.
..:: Activity Diagram Perpustakaan
Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi.
Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum. Sebuah aktivitas dapat direalisasikan oleh satu use case atau lebih. Aktivitas menggambarkan proses yang berjalan, sementara use case menggambarkan bagaimana aktor menggunakan sistem untuk melakukan aktivitas. Sama seperti state, standar UML menggunakan segiempat dengan sudut membulat untuk menggambarkan aktivitas. Decision digunakan untuk menggambarkan behaviour pada kondisi tertentu. Untuk mengilustrasikan proses-proses paralel (fork dan join) digunakan titik sinkronisasi yang dapat berupa titik, garis horizontal atau vertikal. Activity diagram dapat dibagi menjadi beberapa object swimlane untuk menggambarkan objek mana yang bertanggung jawab untuk aktivitas tertentu.
1. Diagram Pendaftaran
Pada aktifitas diagram diatas yaitu seorang mahasiswa yang ingin meminjam buku di perpustakaan kampus, tetapi mahasiswa tersebut belum mempunyai member atau belum pernah meminjam buku sama sekali dari perpus, olehkarena itu perlu adanya pendaftaran identitas si peminjam. Berikut langkah-langkahnya untuk pendaftaran :
- Sipeminjam harus input data terlebih dahulu yaitu dengan membuktikan nama, nomor identitas atau NPM dan jurusan fakultas. Pembuktian ini berbentuk dalam BLANKO atau tanda bukti pembayaran uang kuliah pada semester yang bersangkutan.
- Setelah itu adanya verifikasi yaitu petugas perpus menginpit semua data si peminjam dalam komputer.
- Setelah menginput, petugas perpus mencetak kartu member sipeminjam,
- Setelah selesai di cetak kartu member diberikan kepada sipeminjam, jadi jika mau meminjam dan mengembalikan buku pinjaman harus menyertakan kartu member tersebut. Maka sipeminjam boleh meminjam buku tersebut sampai batas waktu yang telah ditentukan oleh perpustakaan.
2. Diagram pengembalian buku
Pada diagram activity diatas yaitu transaksi dimana sipeminjam mengembalikan buku yang telah dipinjam. Berikut langkah-langkah aktifitasnya :
- Sistem peminjam membawa buku yang telah dipinjam kepada petugas perpus,
- Setelah itu petugas memeriksa data-data sipeminjam dengan menyerahkan kartu member,
- Petugas juga mengecek buku tersebut apakah benar buku tersebut yang telah dipinjam, jika ya maka si petugas menghitung masa waktu pengembalian buku tersebut. Jika melewati tanggal pengembalian buku yang telah ditetapkan petugas maka sipeminjam wajib membayar denda. Jika tidak maka sipeminjam tidak dikenakan denda. Setelah itu petugas juga memeriksa kondisi buku. Setelah selesai membayar denda, maka petugas wajib memeriksa validasi data sipeminjam atau mengupdatenya bahwa sipeminjam sudah mengembalikan buku tersebut.
Terima kasih buat yang sudah berkunjung kesini, Semoga bermanfaat... :D
Saiks~ChunHope
Tidak ada komentar:
Posting Komentar